Info Seputar Wanita dan Kesehatan

Masa Inkubasi Penyakit AIDS

Supaya dapat berada dalam tubuh manusia, HIV harus masuk langsung ke aliran darah orang yang bersangkutan. Di luar tubuh manusia, HIV cepat sekali mati. Virus ini mudah mati dengan air panas, sabun, dan bahan pencuci hama lain. Berikut ini adalah Masa Inkubasi Penyakit AIDS selengkapnya silahkan baca disini.

Karena HIV cepat sekali mati di luar tubuh manusia, maka HIV tidak dapat menular melalui udara. Dalam tubuhh manusia HIV hanya bersarang pada sel darah putih tertentu yang disebut sel T4 yang terdapat pada cairan-cairan tubuh. HIV/AIDS dapat ditemukan terutama dalam cairan-cairan tubuh yaitu darah, air mani, cairan vagina, dan air susu ibu.

Penularannya dapat terjadi melalui salah satu atau lebih cairan tubuh itu dan langsung masuk ke aliran darah seseorang. HIV/AIDS dala tubuh manusia menyerang sel darah putifh yaitu limfosit T4 yang sangat berperan penting dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh (imunitas).


Masa Inkubasi Penyakit AIDS


Orang yang mengidap HIV/AIDS dalam tubuhnya disebut HIV positif. Pada tahap awal, belum menunjukkan gejala apapun sehingga secara fisik tidak berbeda dengan orang lain yang sehat. Namun, ia memiliki potensi sebagai sumber penularan. Ini berarti ia berpotensi menularkan virus itu kepada orang lain.

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena HIV/AIDS dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan cara mengambil sempel darahnya. Akan tetapi, hal itu baru dapat dilakukan paling sedikit tiga bulan setelah orang itu terkena HIV/AIDS sehingga besar kemungkinan selama masa itu ia telah menularkannya kepada orang lain.

Masa Inkubasi HIV/AIDS

Masa inkubasi adalah jangka waktu setelah terjadinya penularan sampai dengan timbulnya gejala-gejala penyakit. Penyakit AIDS mempunyai masa inkubasi yaitu masa tuntas HIV menjadi AIDS.

Ketika mulai masa inkubasi atau mulai terjangkitnya HIV, jumlah sel CD-4 (terdapat pada permukaan limmfosit T4) dalam tubuh perlahan-lahan akan berkurang sampai setengahnya. Ini berarti tubuh telah kehilangan setengah dari kekebalannya. Dalam kondisi seperti itu kekebalan masih berfungsi dan dapat bertahan 9-10 tahun.

Namun, setelah 9-10 tahun terinfeksi HIV, jumlah sel CD-4 dalam tubuh akan sangat berkurang sehingga sistem kekebalan tidak berfungsi lagi. Pada saat inilah penderita tersebut menjadi penderita AIDS. Jadi, bila seseorang mengidap AIDS berarti ia telah terinfeksi HIV sekitar 9-10 tahun silam (diperkirakan paling lama). Dengan demikian masa inkubasi HIV berkisar antara 1-9 tahun, 1-10 tahun, atau lebih. Masa inkubasi ini lebih singkat pada bayi-bayi yang baru lahir dari ibbu yang telah mengalami penularan HIV. Bayi-bayi ini mulai menunjukkan gejala AIDS dalam usia 1 tahun.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Masa Inkubasi Penyakit AIDS semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Masa Inkubasi Penyakit AIDS

0 comments:

Post a Comment