Info Seputar Wanita dan Kesehatan

11 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Lengkap!

Kanker serviks merupakan sebuah penyakit berbahaya yang sulit dideteksi. Biasanya, kanker serviks bisa diketahui ketika sudah memasuki stadium lanjut, lokasi kanker serviks terletak pada bagian leher rahim. Pada tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker. Sebesar 10,3 persennya merupakan jumlah kematian akibat kanker serviks. Sedangkan jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 21 ribu.

Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks, yaitu kisaran usia 21-22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun pada tahun 2012. Penelitian WHO menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia. Khususnya untuk skrining kanker serviks yaitu sitologi serviks dan ulasan asam asetat, secara umum belum tersedia di pusat kesehatan primer pada tahun 2014. Ini ikut berpengaruh pada jumlah kematian kanker serviks di Indonesia yang tergolong tinggi karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Biasanya, kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh ketika seseorang memeriksakan kondisinya. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi semakin sulit.

1. Rasa Sakit Selama Berhubungan Suami Istri

Jika anda tidak “seperti biasanya” saat melakukan hubungan suami istri dan cenderung sangat sakit tanpa sebab yang berarti. Pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait agar memeriksakan masalah terkait. Kecenderungan rasa sakit selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor yang paling tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

2. Nyeri di Sekitar Pinggul

Nyeri pada pinggul juga dapat menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam hubungannya yang dapat menjadi salah satu ciri umum kanker serviks.

3. Pendarahan Setelah Menopause

11 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Lengkap!



Pendarahan setelah menopause pasti harus diperiksa oleh dokter kandungan (Spog) untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika tidak pasti lah akan menjadi sesuatu yang mungkin berdampak serius, salah satunya adalah kanker serviks. Ciri pendarahan setelah menopause merupakan salah satu yang sangat umum terjadi pada penderita kanker serviks.

4. Rasa Sakit pada Mulut Rahim

Pada stadium awal, ciri – ciri yang dapat diketahui adalah timbulnya rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit yang dialami pada tahap ini tidak begitu sering dirasakan dan masih dapat tertahan. Tetapi jika dibiarkan begitu saja, maka rasa sakit tersebut akan sering terjadi dan semakin sakit terutama ketika mulai memasuki stadium lanjut. Apabila Anda mulai merasakan sakit pada mulut rahim, maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui keberadaan penyakit kanker serviks. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Serviks )

5. Terjadi Pendarahan yang Tidak Normal

Wanita yang mengidap penyakit kanker serviks stadium awal ditandai dengan adanya pendarahan yang tidak normal pada organ genital. Pendarahan yang terjadi akan berbeda dengan kondisi pada saat menstruasi. Pendarahan yang tidak normal akan terjadi pada rentan waktu satu bulan dan pendarahan tersebut bisa timbul dalam jumlah sedikit bahkan dapat timbul dalam jumlah lebih banyak jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan lebih lanjut. Pendarahan ini timbul karena leher rahim mengalami iritasi.

6. Mengalami Keputihan yang Tidak Biasa

Selain timbul pendarahan, wanita yang di diagnosa mengidap penyakit kanker serviks akan mengalami keputuhan yang abnormal atau tidak biasa. Keputihan tersebut akan beraroma tidak sedap atau bau, berwarna, dan sangat berlendir. Kondisi ini dapat dipastikan bahwa orang tersebut mengidap penyakit kanker serviks. Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter

7. Kehilangan Nafsu Makan 

Hampir pada semua jenis kanker, membuat penderitanya tidak nafsu makan. Hal ini lantaran zat-zat toksin yang dihasilkan oleh sel-sel kanker, atau bahkan efek samping dari kemoterapi. Jadi ini buknalah ciri kanker serviks yang khas.

8. Berat Badan Turun Drastis Tanpa Sebab yang Jelas 

Tidak hanya sebagai gejala kanker serviks. Chahexia atau badan kurus karena kanker juga bisa terjadi pada penyakit kanker apa saja. Jadi ini merupakan ciri umum kanker, bukan ciri kanker serviks yang khusus.

9. Kelelahan 

Rasa kelelahan yang berlebihan dan juga lemah terjadi karena kekurangan darah akibat pendarahan seperti dijelaskan sebelumnya. Namun juga bisa terjadi akibat zat-zat beracun yang dihasilkan oleh sel kanker.

10. Sakit punggung 

Bisa terjadi akibat kanker yang sudah menyebar pada tulang punggung. Jadi pasien akan merasakan nyeri punggung tanpa alasan yang jelas, misalnya akibat cedera atau angkat beban.

11. Nyeri Kaki atau Bengkak pada Kaki 

Ketika kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada pada lipat paha, maka terjadilah pembengkakan pada kaki. Hal ini terjadi akibat terhambatnya aliran limfatik (getah bening). Kaki bengkak juga bisa terjadi akibat gagal ginjal.

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita, sebagai seorang wanita agaknya kita menjaga kesehatan kita agar terhidar dari penyakit berbahaya seperti Kanker Serviks. Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : 11 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Lengkap!

0 comments:

Post a Comment