Info Seputar Wanita dan Kesehatan

Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Tahukah Anda apa itu batu ginjal? Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Pada sebagian besar kasus, penyakit batu ginjal dialami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin. Berikut ini adalah Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Cara Mengobati Batu Ginjal

Banyak Minum Air Putih

Kita pasti sudah mengetahui penyebab penyakit batu ginjal, penyakit batu ginjal disebabkan karena tubuh kekurangan cairan sehingga darah menjadi kental yang pada gilirannya membuat garam asam dan mineral bersatu membentuk batu. Banyak minum air putih bisa membuat batu ginjal menjadi luruh.

Gunakan Lemon

Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami


Sambil meningkatkan asupan air, Anda juga dapat menggunakan lemon sebagai campuran untuk membantu memecah batu ginjal. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan bersama urin. Anda harus berusaha untuk mengkonsumsi sampai 125 ml jus lemon murni sehari.

Mengurangi Asupan Garam dan Protein

Batasi asupan garam dan daging yang kaya protein karena garam meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein akan meningkat oksalat, kalsium dan asam urat dalam urine. Protein daging mengandung banyak sulfur yang membuat masalah lebih buruk.

Konsumsi Serat Makanan

Sertakan sayuran segar dan biji-bijian pada menu makanan sehari-hari ketika Anda berusaha menghilangkan batu ginjal. Sebagian makanan kaya serat juga mengandung fitat yang mengurangi kristalisasi garam kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal. Tambahkan gandum, jagung, apel, berry, serta buah dan sayuran lainnya dalam makanan sehari-hari.

Hindari Soft Drink

Saat Anda sedang dalam pengobatan agar bisa sembuh dari penyakit batu ginjal, Anda tidak boleh mengkonsumsi soft drink atau minuman ringan. Minuman berkafein seperti kopi juga akan memperburuk keadaankarena memiliki asam fosfat yang akan memperbesar bentuk batu.

Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menyembuhkan batu ginjal. Anda bisa berolahraga yang ringan-ringan seperti lari dengan teratur misalnya Hal ini akan membantu menjaga batu agar bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk dibuang melalui air seni.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

0 comments:

Post a Comment