Info Seputar Wanita dan Kesehatan

Penyebab Penyakit Ginjal

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur. Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan. Berikut ini adalah Penyebab Penyakit Ginjal

1. Kurang Cairan / Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya. 

2. Beberapa Macam Obat

Jenis obat tertentu membuat rentan menderita gagal ginjal akut. Tidak semua obat dapat menyebabkan sakit ginjal. Obat yang dimaksud di sini adalah obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi.

3. Mengalami Infeksi Parah

Infeksi tubuh seperti demam, malaria dan sebagainya bisa saja menyebabkan penyakit ginjal walaupun tidak akut. Hal tersebut bisa terjadi karena ginjal kekurangan cairan sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal. Hal tersebut menyebabkan ginjal menjadi iritasi.

4. Sumbatan Saluran Kencing

Penyebab Penyakit Ginjal


Bagi Anda yang sering menahan buang air kecil terlalu lama, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Karena sumbatan saluran kencing merupakan penyebab utama penykit ginjal.

5. Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus adalah salah satu penyakit ginjal yang utama. Penderita diabetes mengalami lonjakan gula atau glukosa dalam darahnya, sehingga mengganggu fungsi ginjal dalam menyaring kotoran dalam darah.

6. Hipertensi 

Penyakit hipertensi dapat mengganggu fungsi ginjal karena saat tekanan darah terlalu tinggi menyebabkan pembuluh darah dalam ginjal tidak dapat dapat berfungsi dengan baik untuk menyaring kotoran yang ada dalam darah.

7. Sesak Nafas

Sesak nafas juga berpotensi menyebabkan penyakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya udara dalam paru-paru sehingga menyebabkan seseorang enggan untuk minum air mineral yang cukup. Sehingga ginjal akan bekerja keras karena darah menjadi kotor dan ginjal akan susah menyaring kotoran yang ada pada darah.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Penyebab Penyakit Ginjal semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Penyebab Penyakit Ginjal

0 comments:

Post a Comment