Info Seputar Wanita dan Kesehatan

Sehat dengan Jus Buah Jambu Biji

Sayuran seringkali dihindari oleh anak-anak dan bahkan oleh orang dewasa. Padahal sayuran mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, proses memasak sayuran selama ini menyebabkan nutrisi di dalamnya berkurang. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan sayuran adalah dengan menjadikannya jus segar.

sering kali cara kita mengelolah jus buah dan sayur justru membuat kandungan nutrisinya jauh berkurang Misalnya dengan menambah terlalu banyak air atau gula atau juga es batu. sebaiknya ketahui dulu cara mengelola jusyang baik.

  • tips mengelola jus yang baik:

1. untuk mendapatkan jus sehat dan bermanfaat simpan buah dalam kulkas hingga dingin lalu keluarkan buah dalam kulkas, diamkan 15-30 menit sebelum di perosesagar buah sejuk dan tidak terlalu dingin.

2. bila jus disajikan dengan suhu lemari es atau di tambahkan es batu maka nutri si pada buah atau sayuran akan sulit di serap oleh tubuh.

3. jus yang kaya anti oksidan aktif dan berkhasiat dan berkhasiat antiaging terdapat dalam kelompok buah/sayuran yang mengndung koreton(betakaroten, likopen, lutein), vitamin C, dan asam sitrat.karoten dan vitamin C dapat penggiatkan peremajaan sel.

4. Kandungan karoten banyak terdapat pada worteldan buah lokal yang kini semakin langka yaitu kesemek.

5. Rasa masam pad buah matang menjaga vitamin C tak mudah rusak.Namun bukan berarti buah manis tak megandung vitamin C. pepaya dan juga jambu biji meraj adalah buah manis yang serat vitamin C.

6. Agar kulit awet muda dan cantik pikiran pun harus relaks dan jauh dari setres. nutrisi penangkai setres adalah kalium (semua jenis buah) .vitamin B kompleks (kacang hijau, kacang merah dan jenis poong-polongan)dan zat relaksan (cokelat bubuk).

  • Khasiat Beberapa jus

Sehat dengan Jus Buah Jambu Biji

 jus jambu biji

buah ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi bahkan kandungan.bahkan kandungan vitamin C di dalamnyabisa 3 sampai 6kali lebih tinggi dari pada jeruk,10 tinggi di bandingkan pepaya dan 10 sampai 30 kali di bandingkan pisang bahkan bijinya yang sering di buang atau tidak di makan mengandung vitamin C seperti daging buahnya .



1 . Manfaat antioksidan
Jambu biji mengandung Vitamin C tinggi yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia, yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Senyawa antioksidan kuat lainnya dalam jambu biji adalah polivenol dan flavonoid seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut terkait dengan pengurangan resiko kanker tertentu, dan pencegahan dampak kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Kesehatan pencernaan
Jambu biji sangat tinggi akan kandungan Serat alami, dimana yang sangat penting untuk menurunkan kadar gula darah.

Manfaat lain dari serat adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yaitu dengan cara membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar dan mengeluarkannya bersama limbah. 

3 . Meningkatkan Kesehatan Mata
Jambu biji merah mengandung betakaroten dan Vitamin A tinggi, yang memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan penglihatan yang baik.

Manfaat yang sama pada umumnya bisa didapat dari makan makanan berwarna seperti wortel atau ubi jalar.
Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit. 
Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan bekaroten juga dikenal akan melindungi kita dari masalah kanker paru-paru.

4. Mengandung Vitamin B Kompleks
Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang cukup baik, seperti asam pantotenat, niasin, dan vitamin B6. Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

5. Menjaga tekanan darah
Senyawa lainnya yang tak kalah penting yang banyak terdapat dalam jambu biji adalah elektrolit yang bernama Kalium. 
Kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tinggi dengan meredam dampak dari natrium Buah yang kaya akan kalium lainnya adalah buah pisang, yang kandungannya keduanya rata-rata sama.

6. Membantu kelenjar tiroid
Jambu biji mengandung mineral tembaga, yang sangat baik untuk menjaga fungsi dari kelenjar tiroid. 
Terganggunya fungsi kelenjar tiroid bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan serius.

7. Membantu penyerapan nutrisi
 Jambu biji kaya akan mineral yang disebut mangan, dimana yang penting untuk membantu tubuh menyerap nutrisi penting lain dari makanan. 
Kecukupan asupan gizi tubuh kita juga dipengaruhi oleh kualitas penyerapan mereka dari makanan yang kita makan.

8. Manfaat Relaksasi
Jambu biji kaya akan magnesium, yang juga berguna sebagai relaksan. Hal ini membantu untuk mengendurkan otot dan saraf tubuh.
Jadi setelah kita bekerja kerja keras, jus jambu biji adalah yang Anda butuhkan untuk mengendurkan otot dan memberikan dorongan energi yang bagus.
Vitamin B3 da B6 berguna untuk membantu menjaga fungsi otak dengan cara menjaga aliran darah yang baik. Vit B6 atau pyridoxine adalah senyawa nutrisi yang baik untuk saraf, yang membantu membuat saraf Anda rileks.

9. Manfaat Jambu Biji Untuk Kulit
 Dalam hal untuk perawatan kulit, tubuh kita memerlukan kecukupan vitamin C, antioksidan dan karoten, karena semuanya mendukung kesehatan kulit. 
Dengan demikian, pulp jambu biji sering digunakan dalam pembuatan lotion untuk wajah dan tubuh. Manfaat jambu biji untuk kulit adalah sebagai berikut . 


  • Meningkatkan kulit Wajah : Untuk meningkatkan kebaikan kulit wajah, Anda dapat membuat scrub jambu sederhana di rumah. Untuk keperluan ini, ambil daging beberapa jambu biji kemudian dieskstrak/blender dan dicampur dengan kuning telur. Pergunakan pada wajah secara merata, dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Jika digunakan sekali atau dua kali seminggu, scrub alami ini akan menghilangkan sel-sel mati dan meringankan kulit Anda. 
  • Perlindungan kulit dari UV : Jambu biji Merah mengandung likopen 2,9 mg atau dua kalinya dari yang terdapat dalam tomat. Likopen adalah antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan. Satu buah jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen . 
  • Anti penuaan : Vitamin A , B , C dan kalium yang banyak ditemukan dari jambu merah biji merupakan antioksidan dan pendetoks yang baik. Manfaat ini akan menjaga kulit tetap segar dan cerah serta bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Selain itu, likopen juga memiliki fungsi melindungi sel yang sehat dari racun sisa metabolisme dan pencemaran yang menumpuk dalam tubuh. Racun-racun ini menyebabkan penuaan dini dengan cara merusak DNA. 
  • Toner Kulit alami: Konsentrasi nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit kendur dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Dengan demikian membantu menjaga kulit kita agar tetap kencang, segar dan bebas kerut. Kualitas astringent jambu juga akan menjaga kulit kita terbebas dari flek, jerawat, dan keriput . Mencuci wajah dengan rebusan buah jambu biji yang mentah beserta daunnya bisa mempercantik kulit wajah Anda. 
  • Pengobatan Masalah Kulit : Satu buah jambu menyediakan dua kali lebih banyak vitamin C dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin ini juga berkontribusi untuk meregenerasi kolagen (substansi yang memberikan ketegasan pada kulit), sehingga sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit. Selain itu, buah ini juga menyediakan sekitar 1,4 mikrogram vitamin K, yang bermanfaat untuk meningkatkan pembekuan darah. Penurunan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi. Manfaat pengobatan lain termasuk membantu menghilangkan lingkar hitam, Rosaceae, iritasi jerawat dan bintik hitam.
Cara Pengolahan Jambu biji menjadi Jus
Jambu biji merah buang kulit
air jeruk baby/pontianak/mandarin 

Cara pembuatan
1.blender daging jambubiji hingga halus,angkat
2.Tambahkan air jeruk manis kemudian aduk

Bagaimana, dengan ulasan tentang manfaat jus buah jambu biji? Semoga bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa juga untuk menjalani pola hidup sehat



Author: Hasna Hasna Title: Sehat dengan Jus Buah Jambu Biji Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Sehat dengan Jus Buah Jambu Biji

0 comments:

Post a Comment