Info Seputar Wanita dan Kesehatan

Manfaat Tanaman Daun Hias Sansiviera

Tanaman hias memang selalu menarik perhatian kita. Seperti mawar, lily, anggrek dan bonsai yang sedang merajai bumi kita. Namun tidak ada salahnya jika anda melirik tanaman yang satu ini. Tanaman dengan nama ilmiah sansiviera banyak ditemukan di Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini punya kelebihan yang membuatnya layak tampil di berbagai sudut rumah anda.

Di negeri kita, tanaman ini punya sebutan yang tak kalah menarik yakni lidah mertua. Lain di Indonesia lain lagi di Malaysia, di negeri tersebut tanaman inipun punya nama yang tak kalah nyeleneh. Yakni lidah jin.sementra itu, sebagian kalangan lebih suka menyebutnya tanaman ular. Mungkin dilihat dari segi fisiknya, tanaman ini mempunyai motif lurik yang layak disebut sebagai tanaman ular.

Alasan lain masyarakat banyak yang merawat dan membudidayakan tanaman ini ialah selain mempunyai karakteristik yang unik dan cantik, tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Cukup dengan sedikit cahaya matahari dan air yang cukup tanam ini sudah bisa tumbuh tinggi dan sehat.

Tanaman sansiviera ini juga mempunyai banyak manfaat. Yakni sebagai berikut:
Manfaat Sansiviera


  • Sebagai tanaman hias,
  • Anti radiasi ( dengan cara menyerapnya )
  •  Kaya akan oksigen
  • Aroma theraphy
  • Antiseptic
  • Hair tonic
  • Mengobati wasir
  • Mengurangi sick building syndrome. Dll


Namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai sansiviera sebagai anti polutan dan tanaman hias.


1. sansiviera sebagai anti polutan

Tanaman yang masih sekeluarga dengan kaktus ini telah sejak lama di budidayakan orang. Selain parasnya yang cantik. Tumbuhan ini juga mampu mengusir polutan. Yakni 107 polutaan penyebab kanker yang di serap di dalam tubuh dan dikeluarkan lagi menjadi oksigen. Sangat baik jika di letakkan di ruang tamu sekaligus penyerap polutan rokok, bagi anggota keluarga anda yang merokok . Jadi, jika udara di lingkungan anda tercemar dan anda menginginkan kualitas udara di dalam dan disekitar rumah senantiasa terjaga, sansiviera merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa meletakkanya di sudut dapur atau kamar mandi untuk meredm aroma tidak sedap dan hawa tak segar. Atau jika suatu kali anda mengecat ruangan dan agak terganggu dengan aroma cat yang menyengat, coba letakkan saja sansiviera di ruangan itu. Hanya dalam semalam , aroma cat akan hilang.

Biasanya, setelah bekerja keras menyerap polutan, daun sansiviera akan tampak berdebu dan kotor. Agar kembali cantik, anda tinggal membersihkan permukaan daunnya dengan lap basah.
Manfaat Sansiviera



2. Sebagai Tanaman Hias

Sebagai tanaman hias, sansiviera dapat di tanam secara berkelompok di taman., juga bisa tampil sebagai tanaman pot. Sansiviera ini memiliki beragam jenis dan bentuk. Kurang lebih ada 600 jenis sansiviera. Salah satu yang paling popoler adalah sansiviera trifasciata. Jenis ini memang mempunyai paras cantik. Tinggi, langsing, dan runcing, dengan kombinasi warna hijau dan kuning. Jenis lainnya adalah sansiviera ballyi yang memiliki batang pendek dan tertutup oleh daun hijau gelap.

Adapula sansiviera asli Indonesia, yakni sansiviera javanica. Yang satu ini mempunyai postur pendek ,daun ramping, dan warna mirip sansiviera trifasciata. Bedanya, ujung daun dari sansiviera javanica ini menggulung seperti lilitan ekor naga dengan panjang sekitar 20-40 cm dan lebar 2-3 cm. Di negeri kita , tanaman ini dapat kita jumpai di daerah Kepulauan Seribu.

Selain berdaun keras, sansiviera juga tahan banting lho! ia dapat bertahan hidup walau tidak ada pasokan air selama berhari- hari. Singkatnya ia tak butuh perawatan rumit.

Berikut ulasan perawatan sansiviera :


Untuk mendapatkan  tanaman yang sehat dan warna yang cerah, sebaiknya tempatkan sansiviera ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Mungkin juga di tempatkan di dalam ruangan. Bahkan, sansiviera termasuk tanaman hias yang kerap kali ditampilkan sebagai penghias interior. Cukup keluarkan seminggu sekali agar terkena cukup sinar matahari. Lalu masukkan lagi tanaman ini ke dalam ruangan.

Alangkah baiknya kita jangan menanam sansiviera dengan media tanah saja. Campurkan juga media lain seperti pasi bakar atau bahan lainnya. Hal ini akan lebih menjaga dari gangguan hama dibanding dengan menggunakan tanah saja. lebih baik lagi jika anda menambahkan sedikit pupuk kompos pada campuran tanah dan pasir tersebut. Perbandingannya adalah 2: tanah, 2: pasir , dan 1: kompos.

Pupuk kompos memang bagus untuk tanaman. Namun demikian, bagaimana dengan pupuk berbahan kimia ? anda boleh saja menambahkan pupuk kimia namun dengan porsi lebih sedikit dibanding dengan pupuk kompos.

Pemupukan lebih baik jika dilakukan sebulan sekali. Agar tanaman tampak lebih segar dan tampil menawan.

Tanaman hias memang tak pernah lepas dengan jamur atau penyakit lainnya. Jika sansiviera kita terkena penyakit jamur, sebaiknya anda segera memotong daunnya atau lebih baik memotong daunnya sampai ke akar.

Mudah bukan merawat tanaman lidah mertua ini ?  oleh karena itu jangan ragu untuk memiliki dan menikmati kecantikan dan khasiatnya. Jadi tunggu apa lagi?? Tempatkanlah sansiviera ini di rumah anda !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : Manfaat Tanaman Daun Hias Sansiviera

0 comments:

Post a Comment