Info Seputar Wanita dan Kesehatan

13 Cara Menyembuhkan Penyakit Sariwan dengan Cepat dan Mudah

Sariawan, adalah penyakit yang membuat tidak nyaman. Penyebab sariawan juga sering tidak disadari, bisa muncul di bibir, baik bibir luar maupun dalam, bisa juga di lidah, atau pun di rongga-rongga mulut. Jika sudah menyerang, Anda pun pasti merasakan betapa menderitanya sariawan, perut lapar mau makan tidak enak mulutnya, kalau tidak makan lapar juga. Nah, bingung kan.

Jangan bingung-bingung, silakan segera diobati sariawannya. Ada berbagai cara mengobati sariawan, baik menggunakan obat tradisional maupun mengunakan obat modern. Jika menggunakan obat modern, jangan lupa untuk mengikuti prosedur cara pakainya.

Cara Menyembuhkan Sariawan

cara menyembuhkan penyakit sariawan secara alami, mudah dan cepat
Berikut ini ada 12 cara menyembuhkan penyakit sariawa, dengan cepat dan mudah. Silakan dicoba sesuai dengan yang Anda inginkan.

1. Pasta gigi
Ya, pasta gigi sudah sering saya gunakan untuk menyembuhkan sariawan, hanya dalam beberapa hari saja dan tidak sampai seminggu, maka sariawan akan segera hilang.
Caranya cukup mudah: oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian yang sariawan, lakukan pada saat menjelang tidur dan setelah bangun pagi, oleskan pasta gigi saat kondisi mulut masih kering, sehingga akan mempermudah penyerapan pasta ke bagian sariawan, jika rasa perihnya sudah hilang, lalu bilas dengan air bersih

2. Pasta berbahan garam dan baking soda
Prinsipnya adalah hampir sama dengan pasta gigi. Cara membuatnya cuku mudah, campurkan garam dengan backing soda, tambahkan sedikit air, aduk hingga rata dan terbentuk pasta. Oleskan pada luka sariawan, diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air.


3. Mengkonsumsi obar Parasetamo atau Mefenamat.
Tidak perlu dijelaskan manfaat atau kandungannya ya, silakan tinggal dikonsumsi saja sesuai dengan aturan cara pakai.

4. Berkumur dengan larutan garam
Larutan garam juga bermanfaat untuk menghilangkan sariawan, karena larutan ini brsifat antibiotik dan akan membunuh kuman atau bakteri pada bagian yang sariawan.

5. Air kelapa
Air kelapa diyakini sebagai air yang kandungannya sama dengan larutan atau cairan tubuh. Selain bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga bermanfaat untuk mengobati sariawan

6. Minyak kelapa dan madu
Minyak kelapa bersifat antibiotik dan dapat membunuh kuman atau bakteri. Jika ditambah madu, manfaatnya akan semakin bagus untuk mengobati sariawan.

7. Pisang dan madu
Cara ini dibuat berupa pasata, yaitu dengan cara haluskan pisang dengan blender, kemudian tambahkan madu, aduk hingga terbentuk pasta. Setelah itu tinggal dioleskan saja pada bagian luka sariawan.

8. Daun jambu biji
Selain untuk sakit perut atau diare, daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk mengobati sariawan. Cara membuatnya: kunyah daun jambu biji, sampai seluruh bagian mulut terkana cairan daun jambu biji yang dikunyah. Daun biji memang memiliki sifat antibiotik sehingga mampu membunuh kuman atau bakteri pada bagian luka sariawan.

9. Bawah putih dan papaya
Bawang putih atau pepaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya: iris bawah putih kemudian tempelkan pada bagian luka sariawan.

10. Kunyit
Kunyit memang dipercaya memiliki banyak khasiat atau manfaat. Selain digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan bumbu dapur, kunyit juga memiliki sifat yang dapat membunuh bakteri atau kuman penyakit. Cara menggunakan: haluskan kunyit dengna blender atau ditumbuk, tambahkan 1 sendok teh gliserin, aduk hingga rata, oleskan pada bagian luka sariawan.

11. Yoghurt
Karena di dalam yoghur terdapat bakteri baik, sehingga dapat menjaga keseimbangan bakteri dalm mulut. Maka dari itu, mengkonsumsi yoghurt juga dapat menyembuhkan dan mencegah sariawan.

12. Minum vitamin
Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang menunjang penyembuhan luka sariawan, seperti vitamin C, vitamin B, zat besi atau pun asam folat.

13. Konsumsi buah-buahan dan sayur
Biasakan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar tercukupi kebutuhan vitamin C dan juga mineral seperti zat besi.

Penyebab Sariawan

Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya sudah cukup paham. Namun sebelum memilih cara mana yang akan digunakan, ada baiknya identifikasi dulu penyebab penyakit sariawan yang muncul pada mulut Anda. Setelah itu baru diputuskan, cara atau obat apa yang paling pas untuk mengobati sariawan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sariawan.
  • Luka akibat tergigit atau tergores sesuatu saat makan.
    Luka di mulut ini biasanya akan meradang karena kondisi mulut yang terlalu jorok seperti jarang gosok gigi, merokok, atau lainnya. Setelah meradang, maka luka akan mulai terinfeksi oleh bakteri dan kuman sehingga terjadilah sariawan.
  • Kurang menjaga kebersihan mulut, seperti jarang gosok gigi, jarang minum air putih, jarang membersihkan mulut atau gosok gigi sebelum tidur dan ketika setelah sarapan pagi.
  • Kekurangan vitamin B12, vitamin C
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, panas, terlalu berminya.
  • Menggunakan produk tertentu yang tidak cocok dengan kondisi mulut, seperti pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut, atau obat-obatan lain yang memang tidak cocok untuk mulut

Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Sedang Sariawan

Jika sariawan belum sembuh benar dan masih dalam proses penyembuhan, jangan sampai melakukan hal-hal yang justru dapat memperparah penyakit sariawan. Berikut ini beberapa larangannya:
  • Mengkonsumsi makanan yang berminyak
    makanan yang berminyak justru akan semakin memperparah penyakit sariawan, karena infeksi luka pada sariawan jika terkena minyak akan menjadi semakin terinfeksi.
  • Mengkonsumsi makanan pedas
    makanan pedas juga akan menjadikan luka menjadi semakin membengkak dan semakin parah.
  • Mengonsumsi makanan yang bersantan
    santan juga tak jauh berbeda dengan makanna berminyak
  • Mengkonsumsi minuman terlalu panas
    efek panas juga akan menjadikan luka sariawan semakin parah dan membengkak
  • Mengkonsumsi minuman terlalu asam
    Kondisi asam dalam mulut juga akan semakin memicu perkembangbiakan bakteri, sehingga akan semakin memperparah sariawan
  • Minuman yang mengandung santan juga sebaiknya dihindari

Itulah beberapa tips cara menyembuhkan penyakit sariawan. Ingat bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Namun penyebab penyakit yang utama adalah dari dalam diri sendiri, obat hanyalah media untuk membantu mendorong kesembuhan. Jika dari dalam diri sendiri tidak ada niat untuk sembuh, maka obat apapun itu, juga tidak akan dapat menyembuhkan penyakit yang diderita. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : 13 Cara Menyembuhkan Penyakit Sariwan dengan Cepat dan Mudah

0 comments:

Post a Comment